Tuesday, March 18, 2008

Khasiat Wortel


Wortel (Daucus carota) sangat bagus bagi tubuh manusia, terutama anak-anak, karena mengandung beta karoten. Pilihlah wortel yang intinya kecil dan berwarna muda karena menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar. Wortel mempunyai khasiat untuk:

Mengatasi hipertensi: 500g wortel dicuci, dipotong-potong, beri sedikit airmatang, lalu diblender. Saring, kemudian diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

Mengatasi rabun senja: 2 batang wortel dicuci diparut. Remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum. Lakukan ini 3x sehari.

Mengatasi mata minus: minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Bisa juga memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang. Kemudian peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.

Mengatasi demam pada anak: 200 gr wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.

Mengatasi cacingan: keringkan 5 wortel, dan tumbuk/parut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari, 5 gr setiap kali minum.

Mengatasi luka bakar: wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada lukabakar.

Mengatasi batuk: sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2x sehari.

Mengatasi nyeri haid: 250 gr wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air, lalu diblender. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Mengatasi sembelit: 2 wortel dicuci bersih, lalu diparut. Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, kemudian peras. Minum airnya 2x sehari.

Menghaluskan wajah: 2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu diparut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Bisa juga setelah diparut, langsung ditempelkan ke wajah sebagai masker sampai kering. Catatan: bila dipakai sebagai masker, wajah jangan digerakkan seperti bercakap atau makan supaya maskernya tidak retak.

Sumber: Dinas Kesehatan Unit Materia Medica. Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan Keluarga. Malang, 1993.

No comments: