Wednesday, March 19, 2008

Khasiat Jeruk


MANFAAT buah bagi kesehatan dan kebugaran tubuh sudah banyak diketahui orang, termasuk khasiat jeruk sebagai sumber vitamin C, selain menyegarkan perasaan mual. Namun, jeruk memiliki manfaat lebih dari sekadar kandungan vitamin C:


  • Sari jeruk bermanfaat menyembuhkan gangguan perdarahan karena hemoroid (wasir), menyembuhkan demam, mengurangi keasaman darah, memperlancar pembentukan air seni serta mengatur pengeluaran cairan empedu.

  • Ramuan air jeruk manis yang ditambah sedikit lada dan garam bermanfaat mengobati gangguan pencernaan. Tambahkan garam dan madu untuk mengatasi penyakit bronkitis, asma, dan masuk angin.

  • Kulit jeruk manis baik untuk melembutkan kulit kita dan membasmi bintik hitam. Rebus kulit jeruk sehingga mendidih. Saringlah. Minum selagi hangat segelas per hari selama sekitar tiga bulan.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang memiliki aroma tajam dan khas, mengandung banyak air dan vitanin C yang cukup tinggi serta vitamin B1. Jeruk yang biasa digunakan untuk penyedap aneka makanan ini, memiliki manfaat lain yakni:



  • Jeruk nipis bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok.

  • Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, jerawat, vertigo (sakit kepala), suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, ketombe, terlalu gemuk, amandel, mimisan, dan bermanfaat mencegah rambut rontok.

  • Jeruk nipis juga bermanfaat mencegah kekambuhan batu ginjal kalsium idiopatik. Perasan jeruk nipis lebih baik dikonsumsi sesaat sesudah makan malam, dengan cara memeras dua buah jeruk nipis dan mencampurkannya dalam dua gelas air. Tetapi, hal itu harus disejalankan dengan cara membatasi konsumsi garam atau makanan yang asin, serta mengonsumsi protein yang rendah fosfat, dan memberi masukan kalsium yang cukup.

Sumber: http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2006032001165933

2 comments:

akbar said...

ternyata banyak khasiatnya

Anonymous said...

Wah. .baru tau saya setau saya cuma buat sariawan aja. .